News

SMK PGRI 1 Martapura Berkolaborasi dengan Duta Damai Kalsel dalam Penulisan Blog

Banjarmasin, Meningkatkan kemampuan siswa selalu dilakukan oleh kepala sekolah dan guru SMK PGRI 1 Martapura dalam mempersiapkan generasi unggul dan berdaya saing. Salah satunya melalui Proyek Prakerin Best Learning dan Uji Kompetensi bersama Duta Damai Kalimantan Selatan bertempat di SMK PGRI 1 Martapura dari 11 September hingga 2 Oktober 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap 3 minggu berturut-turut dengan materi desain komunikasi visual, penulisan blog, dan IT. Pemaparan materi dilakukan oleh tim Duta damai Kalimantan Selatan yang ahli dibidangnya masing-masing. Tepat hari ini telah memasuki pelatihan minggu kedua pembelajaran bidang Blogger dari kegiatan yang bertema besar “Kreativitas dan Inovasi Anak Muda untuk Bangsa di Era Digital”.

Bahriannor, selaku pemapar materi penulisan blog pada (18/9) mengatakan pelatihan ini akan mampu menumbuhkan minat literasi menulis anak muda (siswa, red) dalam memberikan edukasi terhadap lingkungan sekitarnya.

Rian, sapaan akrabnya juga menuturkan bahwa peranan anak muda di era digital sangat penting dalam menyebarluaskan konten tulisan perdamaian.

Tidak hanya pemaparan materi bidang blogger saja minggu ini juga pemaparan dan pengenalan Duta Damai juga diberikan langsung oleh Ratna Lindawati selaku Koordinator Duta Damai Kalimantan Selatan, pemaparan dilakukan untuk mengedukasi siswa/i  agar bijak bersosial media dan memberikan arahan pembuatan konten-konten yang dihasilkan berupa konten positif dan bermanfaat.

Setelah materi tidak lupa dilakukan praktek dan pemberian tugas kepenulisan yang diikuti oleh kurang lebih 20 siswa/i agar materi ruangan bisa langsung diterapkan. Pemberian tugas ini dilakukan agar bisa mengukur kemampuan para siswa dan pengambilan nilai.

Rencananya sesuai jadwal, minggu depan merupakan pelatihan terakhir dibidang IT yang dipaparkan oleh Khairil Hakiki bagian tim Duta Damai pada 25 September mendatang. (IAN/KIM)