News

PPDM UNISKA KEMBANGKAN LOK BAINTAN SEBAGAI DESA SENTRA PELATIHAN ILUNG JADI KERTAS KREASI ILUNG

Lok Baintan, Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan 1 September 2021 – Tim pengusul program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Universitas Islam Kalimantan Muhamad Arsyad Al-Banjari mengembangkan Desa Lok Bainan sebagai Desa Sentra Pelatihan Ilung jadi Kertas Kreasi. Program ini merupakan program hibah yang diberikan oleh Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan.

Program ini merupakan program tahun ketiga yang berfokus pada pelatihan dan Pendidikan masyarakat menjadi tutor atau pelatih pengolahan ilung jadi kertas kreasi yang nantinya memberikan pelatihan ke desa-desa lain sekitar. Pelatihan didampingi langsung oleh tim pengusul yang terdiri dari Dr. Muzahid Akbar Hayat, M.Si, Dr. Ir. Sanusi, M.I.Kom, dan Dr. Khuzaini, MM dengan dibantu oleh mahasiswa Uniska.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari desa-desa sekitar desa Lok Baintan, tercatat terdapat 3 desa lain yakni Desa Sungai Bakung, Desa Sungai Pinang Lama, dan Desa Paku Alam yang mengikuti pelatihan pengolahan ilung jadi kertas kreasi.

Ketua Tim PPDM Dr. Muzahid Akbar Hayat, M.Si mengatakan, “program pengembangan desa mitra tahun pertama dan kedua telah berhasil melatih dan mendidik masyarakat Lok Baintan untuk memiliki keterampilan mengolah ilung jadi kertas kreasi, keberhasilan ini diharapkan mampu menularkan dengan menjadi pelatih di masyarakat desa lain dalam upaya menstimulus wirausaha baru yang bukan hanya di Lok Baintan tapi ke desa-desa lainnya”.

Akbar menuturkan, pelatihan yang diberikan oleh masyarakat Lok Baintan ke Desa-desa lain adalah pelatihan kertas ilung menjadi kertas kreasi seperti kotak tisu, tempat pensil, kantong kertas, hiasan dinding, bros dan kreasi lainnya dengan pewarnaan agar produk lebih menarik. Selain itu masyarakat juga dibekali oleh tim dengan pelatihan komunikasi, motivasi dan manajemen berwirausaha. Kegiatan pengembangan desa selanjutnya memanfaatkan teknologi informasi dalam pembuatan produk miniatur dari kertas dan pemasarannya dengan memanfaatkan pemasaran daring dan website.

Melalui Pelatihan yang dilakukan masyarakat desa Lok Baintan kepada desa-desa lain dalam pengolahan ilung diharapkan dapat meningkatan keterampilan masyarakat desa-desa lain dalam menghasilkan produk yang menarik dan bernilai jual. Sehingga mampu membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat lok baintan dan desa-desa tersebut serta membentuk Desa Lok Baintan sebagai Desa Sentra Pendidikan dan Pelatihan Kertas Kreasi Ilung.