Artikel

Cegah DBD Dalam 6 Langkah, Yuk Intip Tipsnya!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan musim hujan tahun 2022 datang lebih awal, dimulai dari September hingga November 2022. Datangnya musim hujan ini, membuat beberapa penyakit musiman bermunculan, salah satunya yaitu penyakit demam berdarah (dbd). Berikut 5 cara cegah penyakit demam berdarah (dbd).

  • Menjaga Kebersihan Bak Air

Menjaga kebersihan bak air secara rutin dapat mencegah munculnya penyakit dbd akibat nyamuk aedes aegypti, hal ini dikarenakan genangan air merupakan rumah berkembang biak bagi nyamuk aedes aegypti. Menjaga kebersihan bak air dapat dilakukan dengan rajin menguras dan menutup penampungan atau bak air secara rapat.

  • Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Penggunaan lotion anti nyamuk dapat mencegah nyamuk untuk tidak mendekat ke tubuh. Penggunaan lotion anti nyamuk dapat dilakukan sesuai petunjuk penggunaan yang berada dalam kemasan.

  • Fogging dan Obat Anti Nyamuk

Melakukan fogging dan memasang obat anti nyamuk merupakan salah satu bentuk pencegahan nyamuk berkembang biak. Penggunaan fogging baiknya dilakukan pada pagi hari sekitar 5.30 – 7.30 dan sore hari pada 4.30 – 6.30.

  • Memasang Kawat Kasa Pada Ventilasi

Penggunaan kawat kasa pada ventilasi dapat mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah atau ruangan, sehingga rumah dapat bebas dari nyamuk.

  • Tidak Menggantung Pakaian Terlalu Banyak

Menggantung pakaian terlalu banyak, dapat dijadikan rumah bagi para nyamuk, sehingga dianjurkan agar tidak menggantung pakaian terlalu banyak karena dapat mengundang nyamuk untuk berhuni di tempat tersebut.

  • Memasang Kelambu

Memasang kelambu pada saat tidur dapat menghindari akan kebisingan dan gigitan nyamuk.

(AJP/DEL)

About the author

Mediana Indah Pertiwi

Add Comment

Click here to post a comment