Opinion

Be Diamond (Part 4)

Holla, Sobat Damai diseluruh Negeri tercinta, berlanjut untuk part terakhir.  Sobat Damai semua mungkin tahu bagaimana rasanya terganggu oleh suatu situasi, meningkatnya tekanan stress hingga mempengaruhi kondisi kesehatan kita sendiri bahkan hingga mengganggu kondisi mental dimana kita mencapat titik yang membuat kita berada dalam kondisi paling buruk dan tidak mampu menanganinya. Teori Prigogine menjelaskan, ketika individu berada  dalam kondisi yang buruk, terpuruk dan penuh tekanan, alam bawah sadar justru membentuk  kesadaran baru. Kesadara yang menuntun individu tersebut untuk melakukan sebah perubahan dan memperbaiki diri sendiri dari dalam.

Namun keadaan ini hanya berlaku ketika individu berada dalam kondisi dan situasi yang tepat. Kondisi tersebut adalah kondisi  dimana individu mendukung dirinya sendiri  secara mental dan emosional untuk melakukan perubahan dengan cara sehat, positif dan terarah. Hanya dalam kondisi tersebutlah individu dapat menemukan jangkar yang dapat membantunya melewati badai dalam kehidupan sehingga dapat mencapai tingkat kehidupan selanjutnya.

Sama seperti dengan apa yang diatakan oleh Albert Einstein,Anda tidak dapat memecahkan masalah dari kesadaran yang sama yang menciptakannya. Anda harus belajar melihat dunia baru.”

Dengan kata lain, kita tidak dapat membuat kehidupan baru dengan pola pikir yang sama yang menciptakan kehidupan kita yang kita miliki sekarang. So, berubahlah dari tekanan yang kita miliki untuk menjadikan hidup kita layaknya sebuah berlian yang bersih dan bernilai.

Berharap menjadi berlian memang sangatlah susah dan tidak mudah, namun dari kesusahan itulah kita layak disebut sebagai permata berharga di dunia ini. Mari kita sama-sama untuk memperbaharui diri kita ke dalam versi yang lebih baik. (Zu)

About the author

Siti Zubaidah

Add Comment

Click here to post a comment