Opinion

Manfaat Jadi Relawan Bagi Kaum Millineal

OPINI-Ada yang bilang, “relawan tidak dibayar bukan karena tidak bernilai, tapi karena tidak ternilai.” Hmm… Kalau gak dibayar terus apa dong untungnya jadi relawan?

Mungkin banyak dari kita yang masih ragu-ragu ingin ikut organisasi kerelawanan atau tidak. Kadang relawan juga diasosiasikan dengan bencana, padahal banyak loh jenis-jenisnya. Gak Cuma dengan tenaga tapi juga bisa dengan pemikiran. Salah satunya adalah Duta Damai yang merupakan relawan penyebar perdamaian di dunia maya.

Terus apa untungnya jadi relawan?

  1. Kenal Banyak Orang

Relawan terhubung dengan banyak orang, kita bisa mengenal orang dari berbagai macam background. Seperti di Duta Damai, kita bisa memiliki teman dari berbagai penjuru Indonesia yang memiliki visi serupa. Bahkan dari luar negeri.

Tidak hanya itu, relawan biasanya memiliki koneksi dengan para pemangku kepentingan. Tentu ini akan memudahkan kita bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki sifat dan karakteristik beragam.

 

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Nah, karena banyak bertemu orang. Tentu kita dilatih untuk bisa berkomunikasi, tentunya ini akan meningkatkan kepercayaan diri kita.

 

  1. Membuat Lebih Peka

Relawan bersentuhan dengan banyak masalah. Melatih rasa empati dan simpati tentu akan menjadi poin utama dalam dunia kerelawanan.

Relawan membuat kita lebih peka dengan isu-isu yang ada di masyarakat. Kita lebih peduli dan tidak acuh ketika melihat suatu masalah yang mungkin kita bisa bantu selesaikan.

 

  1. Mengasah Skills

Berkaca dari Duta Damai, yang memiliki divisi-divisi sesuai minat dan bakat anggotanya, ini tentu bisa jadi wadah mengasah skills. Mulai dari kemampuan komunikasi, problem solving, hingga kemampuan yang lebih spesifik. Seperti pada bidang desain komunikasi visual, tulis menulis, dan IT.

 

  1. Menemukan Makna Hidup

Banyak orang kehilangan makna dan tujuan hidup. Mereka hidup namun serasa tidak berdaya. Melakukan sesuatu tanpa tahu tujuannya apa. Relawan membantu kita menjaga tujuan dan makna itu, apalagi karena kita bergelut di dunia sosial yang pastinya kita akan menemui berbagai macam cerita. Cerita kadang membuat kita berpikir ulang tentang makna eksistensi kita di dunia ini.

 

Nah, itu tadi sedikit manfaat yang bisa kamu dapat dengan menjadi relawan. Masih banyak manfaat yang mungkin bisa kamu rasakan secara personal. Cari organisasi kerelawanan yang cocok dengan visimu, lalu rasakan sendiri manfaatnya! (Hfw/Nov)

About the author

Hafizah Fikriah Waskan

Hidup ini dah ribet, gasah dibikin tambah ribet

Add Comment

Click here to post a comment