Opinion

1 Tujuan MENARIK! Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Kearifan Lokal

OPINI – Keberagaman merupakan ciri khas yang dimiliki oleh Indonesia, selain punya suku,agama,budaya, dan ras yang beragam masyarakatnya juga punya cara yang begitu beragam dalam memperingati hari-hari besar termasuk termasuk hari sumpah pemuda.

Peringatan sumpah pemuda sendiri dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya sejak 1978. Dalam perjalanannya hingga sekarang tentu ada banyak banget cara yang dilakukan untuk memeriahkan peringatan hari sumpah pemuda. Maka dari itu kali ini Yuk! simak informasi-informasi mengenai cara unik dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Berikut beberapa cara unik memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diambil dari sumber lain dan pengalaman penulis sendiri.

  1. Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Fashion Show Saat Festival Sumpah Pemuda di Makassar

Pada rangkaian Festival Sumpah Pemuda 2018 yang di gelar di Kota Makasar nampak ada yang istimewa sebab anak-anak berkebutuhan khusus di sana mendapatkan kesempatan untuk unjuk bakat modeling yang mereka miliki lewat acara tersebut.[1]

  1. Gunakan Pakaian Adat Daerah, Anak-anak di Banyuwangi Lepas Liarkan Tukik

Di Banyuwangi peringatan Hari Sumpah Pemuda 2018 di gelar agak berbeda dari biasanya, sebab kali ini masyarakat melakukan pelepas liaran hewan tukik (sejenis kura-kura) ke habitat nya, uniknya anak-anak yang ikut dalam rangkaian acara tersebut mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.[2]

  1. Pawai Obor dan Pentas Seni di Amuntai

Bekerjasama dengan mahasiswa dan sanggar kesenian koramil 1001 amuntai-blg menggelar pawai obor dan pentas kesenian pada peringatan sumpah pemuda 2018 sebagai bentuk refleksi kebangsaan sekaligus memicu semangat juang para pemuda/i daerah dalam melestarikan budaya.

  1. Simposiom Kebangsaan Mahasiswa dan Pelajar di Semarang

Pelaksaan simposiom kebangsaan di gelar di Stadium Marina Semarang dalam rangkaian kegiatan Festival Pemuda 2019, kegiatan ini di hadiri 10.000 gabungan mahasiswa dan pelajar se jawa tengah dan 340 mahasiswa perwakilan 34 provinsidi Indonesia. Pada symposium kebangsaan itu di isi dengan kegiatan karnaval baju adat, ikrar sumpah pemuda dan konser music teaterikal.

Nah gimana uniknya perayaan sumpah pemuda di berbagai daerah di Indonesia, beragam caranya tapi 1 tujuannya, yaitu merefleksikan makna dari 3 butir ikrar dalam sumpah pemuda. Menarik memang kalau membahas tentang ragam cara masyarakat dalam mengekspresikan sesuatu tapi itulah yang menjadi daya tarik bagi orang yang melihatnya, selain memunculkan kesan persatuan dan toleran tapi juga rasa nasionalisme khususnya teruntuk kaula muda.(Gin/Nov)

[1]https://video.tempo.co/read/12291/kegiatan-unik-peringatan-sumpah-pemuda-di-berbagai-daerah

[2]https://video.tempo.co/read/12291/kegiatan-unik-peringatan-sumpah-pemuda-di-berbagai-daerah

About the author

Gina Astuti

Add Comment

Click here to post a comment