Opinion

APA SAJA DAMPAK TERORISME BAGI NEGARA ???

Banyak dampak yang terjadi akibat terorisme, yang kita ketahui bersama betapa bahayannya dan sangat merugikan  baik dari nyawa, fisik, psikis maupun material. Dalam hal ini kita harus menguatkan solidaritas dan rasa peduli untuk tetap waspada dalam Tindakan radikalisme maupun radikalisme.

Adapun dampak yang ditimbulkan oleh terorisme sebagai berikut:

  1. Dampak terhadap Ideologi sebuah negara

Terorisme sangat bertentangan dengan ideologi, yang mana paham radikal terorisme yang mampu menghalalkan segala macam cara untuk menggantikan ideolofi falsafah negara.

  1. Dampak terhadap agama

Terorisme yang dengan menyebut dirinya membela kaum lemah, membela agamanya serta menunjukkan jalan yang benar, namun pada kenyataannya mereka justru mempermalukan agama itu sendiri, perbuatan yang dilakukan membuat banyak kecurigaan terhadap agama tertentu seperti agama Islam.

  1. Dampak terhadap politik

Terorisme memberikan dampak terhadap politik bagi setiap negara yang dicurigai membantu atau berpotensi mendukung terorisme, sehingga pergaulan dunia internasional membuat canggung dan was-was dalam memutuskan untuk bekerjasama.

  1. Dampak terhadap ekonomi

Terorisme berpengaruh buruk terhadap ekonomi nasional bahkan mampu mempengaruhi ekonomi internasional, juga dalam hal persoalan investasi besar yang mulai ragu ketika ada kejadian terorisme disebuah negara, pelaku ekonomi menegah ke bawah yang mengandalkan dunia pariwisatapun terganggu karena ketidakamanan yang ditimbulkan oleh aksi terorisme.

 

  1. Dampak terhadap kedaulatan dan pertahanan negara

Terorisme yang merupakan ancaman yang mana melakukan aksi seakan ingin menceraikan antara pemerintah dengan warganya, aksi terorisme kepada sebuah negara ingin menunjukan ketidaksukaan dan menanamkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Ketika terorisme beraksi itu membuat persoalan terhadap keamanan dan pertahanan yang dipertaruhkan, yang mana jua berdampak kedaulatan negara yang berusaha diruntuhkan.

Maka dari itu kita sebagai rakyat akan selalu menjaga negara kita dengan berpartisipasi dalam pencegahan radikalisme dan terorisme masuk ke negara Indonesia.  (RLW)