Opinion

6 Tips Menjaga Imun ketika menjalankan Puasa Ramadhan Saat Wabah Virus Corona

Dimasa wabah virus corona ini masyarakat banyak yang khawatir tentang Kesehatan tubuh, terutama dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Salah satu cara melawan virus corona ini adalah dengan menjaga imun tubuh kita. Dengan mengetahui tips menjaga imun dimasa pandemic corona, diharapkan masyarakat bisa menerapkannya agar mereka selalu dalam keadaan sehat ketika berpuasa.
Selain mematuhi anjuran Pemerintah untuk selalu menerapkan PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat, mengikuti pedoman social distancing, mencuci tangan dengan benar, dan stay at home. kita juga harus memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Berikut beberapa tips untuk menjaga imun tubuh ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

1. Olahraga
Wabah  virus corona memang berdampak pada banyak sektor dan membuat kita tetap dirumah saja, namun bukan berarti kita tidak berolahraga. Pasalnya, olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kita tetap melakukan olahraga ringan, tidak harus yang berat seperti angkat besi, ingat yah jangan berolahraga berlebihan, lakukan saja dengan santai dan ‘happy’ (senang) tanpa paksaan. Dengan demikian akan muncul hormon endorfin yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan jua mengurangi kadar hormon stress dalam tubuh.

Dengan sistem imunitas tubuh yang meningkat dan terus terjaga dengan baik, maka tubuh tidak akan rentan terkena penyakit. Jika olahraga diabaikan, maka dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan rentan terserang penyakit.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Mengkonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang cukup bisa menjadi salah satu cara menjaga imun saat pandemi Corona. Ketika melakukan puasa di bulan Ramadhan ini perlu memperhatikan asupan nutrisi yang kita makan pada saat sahur dan berbuka puasa, dengan lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Seseorang yang suka mengkonsumsi buah dan sayur akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat serta bisa terhindar dari masalah penyakit seperti flu dan demam. Bahkan salah satu ahli gizi masyarakat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Ali Khomsan mengajak masyarakat untuk memperbanyak konsumsi produk pertanian seperti buah dan sayur secara rutin untuk meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) di Indonesia.

3. Lebih banyak minum air putih
Pakar nutrisi Devinder Bains, dilansir Arab News mengatakan sebelum mulai berpuasa, kita perlu menambah asupan air untuk memastikan tubuh betul-betul terhidrasi. Tambah satu atau dua gelas air putih dalam sehari dan kurangi tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama berpuasa.

Lebih jelas WHO juga menjelaskan bahwa meskipun minum air putih tidak dapat mencegah infeksi virus corona, namun minum air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang berguna untuk menjaga seluruh sistem di tubuh berjalan lancar dan sempurna termasuk sistem imunitas kita.

Maka dari itu salah satu cara membentengi diri agar masalah kesehatan dalam tubuh kita tetap terjaga adalah dengan menjaga tubuh kita agar senantiasa terhidrasi dengan lebih banyak minum air putih.

4. Istirahat Cukup
Orang yang tidur teratur memiliki sistem kekebalan tubuh atau imun yang kuat, karena dengan cara mengatur istirahat yang benar, akan membantu tubuh dan otak yang lelah menjadi tampil segar kembali. Untuk kekebalan tubuh atau imun kuat dimasa wabah virus corona ini hindari bergadang yang bisa membuat kekebalan tubuh menurun dan hal ini tidak baik untuk Kesehatan. Karena dengan kekebalan tubuh yang baik, maka memungkinkan kita untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Konsumsi Suplemen Multivitamin
Untuk membantu kekebalan tubuh, maka asupan suplemen multivitamin perlu di konsumsi, alangkah baiknya pilih suplemen yang didalamnya mengandung gizi dan juga multivitamin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, seperti kandungan vitamin C dan protein. Ini juga sangat membantu dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan agar tetap bisa fit dalam beraktivitas.

6. Mengelola Stress
Cara menjaga imun saat pandemi Corona di bulan puasa tentu tidaklah mudah, terkadang orang merasa takut dan khawatir berlebihan, sehingga dengan mudah menimbulkan penyakit stress. Stress dapat berdampak buruk terhadap Kesehatan tubuh, yang mana bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Maka dari itu hindari berpikir berlebihan, jangan sampai stress, jalani dengan happy (senang) dan tetap semangat dibulan penuh berkah ini

 

Penulis : Ralin HR