News

UNODC GAIT ANAK MUDA UNTUK MELAWAN TERORISME

Bertempat di Surabaya pada 6-9 April 2022, United Nations on Office Drugs and Crime (UNODC) melibatkan 28  pemuda Indonesia untuk melakukan narasi alternatif melawan isu-isu radikalisme dan terorisme di media sosial. Kegiatan ini bertajuk Youth Peace Ambassador Workshop dengan tema besar “Growing  tolerance through peaceful narratives”.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut UNODC juga bekerjasama dengan BNPT dan Duta Damai Indonesia untuk mendatangkan 28 pemuda dari 14 provinsi di Indonesia yang telah melewati tahapan seleksi berkas dan wawancara. Adapun 14 provinsi tersebut, yaitu : D.I Yogyakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,Jawa Timur, Kalimantan Selatan,  Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga akhir. Kegiatan ini dikonsep dengan pemaparan dan diskusi santai. Adapun materi yang didapat peserta antara lain terkait aksi terorisme di kawasaan ASEAN, narasi alternatif, berdiskusi dengan platform ruang obrol, dan lainnya. Cerita dari masing-masing peserta juga menumbuhkan wawasan baru di forum tersebut. Terakhir, peserta juga dituntut untuk membuat produk narasi alternatif secara berkelompok. (IAN/DEL)