free page hit counter

TIPS BERPAKAIAN PROFESIONAL UNTUK JOB SEEKER

Kamu adalah job seeker yang baru sedang mencari pekerjaan dan kebingunan menentukan pakaian apa yang harus dikenakan ketika bertemu dengan HRD / user untuk wawancara? Saya harap artikel kali ini bisa menjadi jawaban solusi dari kebingunganmu saat ini ya!

 

Beberapa tips ini saya coba rangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman saya mengikuti interview ke beberapa perusahaan dan instansi. Kamu bisa mengikuti semua tips ini ataupun cuman beberapa aja, ga ada masalah. Minimal bisa menambah insightmu tentang cara berpakaian profesional.

Apa saja tips dan cara berpakaian profesional itu? Simak di bawah ya!

  1. Ketahui aturan berpakaian di perusahaan/calon perusahaanmu

Dengan mengetahui aturan berpakaian perusahaanmu, kamu bisa menyesuaikan gaya berpakaianmu selama ini dengan aturan perusahaan. Kalo kamu seorang job seeker, dengan mengetahui aturan berpakaian calon perusahaanmu ini akan jadi poin plus banget nih.

Karena akan memberikan kesan kalo kamu emang riset tentang calon tempat kerjamu saat ini. Dengan menunjukkan kalo kamu meriset perusahaanmu, artinya kamu emang niat banget untuk masuk perusahaan itu. Calon atasanmu pun bisa dengan mudah mengenalimu karena kamu punya niat yang lebih daripada kandidat yang lain.

  1. Pertimbangkan Keseluruhan Penampilanmu

Ketika udah menentukan pakaian mana yang akan kamu kenakan, langkah berikutnya adalah menimbang apakah yang dipakai ini sudah sesuai dengan gaya berpakaianmu? Kalo dirasanya kamu ga jadi dirimu sendiri, silakan sesuaikan dengan gayamu. Tapi ga perlu berlebihan juga, yang masih cocok aja sama aturan perusahaan.

  1. Gunakan Pakaian Yang Sopan Dan Nyaman Untukmu

Ini udah jelas, ya. Seorang profesional harus berpakaian rapi dan sopan. Minimal ga menunjukkan lekuk tubuh, deh! Gunakan pakaian yang nyaman untukmu dan kalo bisa yang menyerap keringat juga. Karena terlalu banyak keringat akan bikin kamu keliatan lepek dan akan menimbulkan bau badan. Kalo kamu bau badan, nanti calon atasanmu ilfeel sama kamu.

  1. Pilih Aksesoris Yang Sesuai Dengan Pakaianmu

Gunakan aksesoris yang memang sesuai dengan pakaianmu pada saat itu. Kalo kamu punya perhiasan, tidak perlu digunakan semua. Kamu ke kantor bukan untuk menampilkan kekayaan keluargamu. Kamu ke sana untuk mendapatkan pekerjaan, jadi berpakaianlah secara sederhana dan sesuai dengan pakaianmu.

  1. Usahakan Memilih Warna Pakaian Yang Netral

Kalo kamu orangnya suka pake pakaian dengan warna yang cerah atau gaya berpakaian yang suka “tabrak warna”, usahakan untuk ga pake gaya seperti itu dulu. Kecuali memang perusahaannya ga menentukan aturan berpakaian yang harus menggunakan warna tertentu. Kalo misalnya ada aturan penentuan warna, maka kamu ga bisa asal pake warna pakaian. Jadi, untuk awal-awal, gunakanlah warna pakaian yang netral.

  1. Pastikan Pakaianmu Ga Kusut

Gunakan pakaian yang sudah disetrikadan rapih. Kalo ga punya setrika, kamu bisa pinjem ke kawan/keluarga atau kamu bisa ke jasa laundry pakaian. Jangan sampai kamu datang ke kantor, apalagi baru tahap interview, udah pake pakaian yang kusut. Itu akan menimbulkan kesan negatif dimata recruiter.

  1. Tunjukkan Kepribadianmu Melalui Pakaianmu

Pakaian juga bisa menunjukkan kepribadianmu. Kalo kamu orangnya simple, bisa gunakan warna putih. Biru bisa menunjukkan kamu orangnya bersahabat. Sekali lagi, kamu juga harus menyesuaikan aturan berpakaian di perusahaan itu, ya. Jangan sampai menggunakan warna yang tidak diperbolehkan.

  1. Pertimbangkan Kesan Yang Akan Diberikan

Setiap orang pasti ingin memberikan kesan yang menyenangkan di mata orang lain. Tips dari 1-7 tadi kalo bisa kamu manfaatkan, akan menunjukkan kesan yang menyenangkan, lho! Ga perlu ragu berkreasi tapi juga harus ingat aturan yang berlaku. Jangan sampai ingin menunjukkan kesan yang “bebas” atau “ceria” tapi jatohnya ngelanggar aturan yang ada.

Kalo kamu punya tips berpakaian profesional lainnya, bagikan di kolom komentar ya. Share artikel ini ke job seeker yang lain!  (RAD/IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *