TIGA SYARAT PENTING UNTUK MENERAPKAN SIKAP MODERASI BERAGAMA

Hello sobat damai, yuk kita saling mengingatkan bagaimana seharusnya kita bersifat termasuk dalam moderasi beragama, sebelumnya kita harus memahami dulu apa itu moderasi beragama adalah cara pandang dalam beragama secara moderat yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem, baik ekstrem kanan (pemahaman agama yang sangat kaku) maupun ekstrem kiri (pemahaman agama yang sangat liberal), dari sumber buku Kementerian Agama Republik Indonesia, tahun 2021.

Maka dari itu dalam upaya bagaimana kita menerapkan sikap moderasi beragam harus yang memahami syarat penting apalagi terhadap diri sendiri agar kita tidak memberikan pemahanan yang salah, berikut ini 3 syarat penting.

  1. Memiliki pengetahuan yang luas

Berada ditengah-tengah perbedaan beragama, maka hendaklah kita memenuhi wawasan dan pandangan kita terhadap ilmu-ilmu agama secara moderat yang ketika kita berada ditengah-tengah perbedaan maka kita akan memahami bagaimana cara bersikap dengan ilmu yang kita dapatkan. Tanpa pengetahuan yang luas kita tidak bisa menjalankan moderasi beragama.

  1. Pintar mengendalikan emosi diri

Dengan memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas tentu juga akan dibarengi dengan bagaimana mengendalikan emosi diri, sehingga apabila memang ada hal yang berbeda itu bukan menjadi alasan untuk perpecahan.

  1. Selalu bersikap hati – hati.

Selalu waspada terhadap tindakan bahkan perkataan yang mungkin akan memicu kegaduhan atau bagaimana sikap kita agar tidak membuat masalah, berpikir sebelum bertindak.

Dari moderasi beragama kita mempelajari bagaimana cara bersikap dan menahan diri sehingga munculnya rasa toleransi yang tinggi demi kenyamanan dalam perbedaan agama dan pandangan.

 

https://kemenag.go.id/read/ini-tiga-syarat-wujudkan-moderasi-beragama-menurut-kh-quraish-shihab-oa3pz

sumber buku Kementerian Agama Republik Indonesia, tahun 2021. Ditulis kembali oleh (RLW/IAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *