Sejarah Hari Natal

Setiap tanggal 25 Desember merupakan hari besar bagi saudara kita yang beragama Kirsten, hari besar yang dimaksud yaitu hari natal. Beragam tradisi yang tentu saja memiliki banyak makna di dalamnya dilakukan dihari ini, mulai dari menghias pohon, bertukar kado dan bertamu ke rumah saudara.

Nah disini duta damai akan membahas sedikit mengenai sejarah hari natal. Jadi untuk sobat damai yang bertanya – tanya mengapa hari natal dirayakan setiap 25 Desember dan mengapa tradisi yang dilakukan dihari natal bisa terjadi? Yuk simak penjelasan dibawah!

Dikutip dari Spesialdays.id Kisah Perayaan Natal berasal dari Injil Santo Lukas dan Santo Matius dalam Perjanjian Baru. Menurut Lukas, seorang malaikat memunculkan diri kepada para gembala di luar kota Betlehem dan mengabari mereka tentang lahirnya Yesus.

Matius juga menceritakan bagaimana orang-orang bijak, yang disebut para majus, mengikuti bintang terang yang menunjukkan kepada mereka di mana Yesus berada. Catatan pertama peringatan hari Natal adalah tahun 336 Sesudah Masehi pada kalender Romawi kuno, yaitu pada tanggal 25 Desember.

Masyarakat menyambut perayaan itu dengan menyiapkan makanan khusus, menghias rumah mereka dengan daun – daunan hijau, menyanyi bersama dan tukar menukar hadiah.

Kebiasaan-kebiasaan itu lama-kelamaan menjadi bagian dari perayaan Natal. Pada akhir tahun 300-an Masehi agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi. Pada tahun 1100 Natal telah menjadi perayaan keagamaan terpenting di Eropa, di banyak negara-negara di Eropa dengan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi.

Sehingga, pada tahun 1800-an, ada dua kebiasaan baru yang dilakukan pada hari Natal, yaitu menghias pohon Natal dan mengirimkan kartu kepada sanak saudara dan teman-teman. Di Amerika Serikat, Santa Claus (Sinterklas) menggantikan Santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi.

Nah setelah membaca sejarah singkat di atas, semoga bisa menjawab tanda tanya sobat damai mengenai hari natal.

Di penghujung tulisan ini, Duta Damai Kalimantan Selatan mengucapkan Selamat Hari Natal bagi sobat damai yang merayakannya. Semoga berkah Hari Natal mengisi hidup kalian dengan keceriaan dan cinta. (Dps/Nov)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *