SEA GAMES VIETNAM SEBAGAI PESTA OLAHRAGA TERBESAR

Sea Games adalah ajang pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara. Event tersebut dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Berhubung pandemi maka penyelenggaraan 2021 terlaksana di tahun 2022 ini. Vietnam merupakan tuan rumah pada Sea Games yang ke 31. Penyelenggaraan Sea Games ini dimulai dari tanggal 12 Mei sampai dengan 23 Mei 2022 mendatang.

Sea Games di Vietnam mempertandingankan lebih dari 50 cabang olahraga. Kontingen Indonesia menurunkan sebanyak 499 atlet, 214 ofisial, dan 63 pendamping dengan mengikuti 31 cabang olahraga. Adapun cabang andalan Indonesia adalah dayung, panahan, atletik, renang, wushu,  dan bulutangkis.

Negara yang pernah menjadi juara umum (perolehan medali terbanyak) yaitu Thailand (13 kali juara), Indonesia (10 gelar juara umum), Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Vietnam, dna Filipina.

Sea Games adalah bukti bahwa olahraga mampu menyatukan negara yang memiliki perbedaan bahasa, suku, budaya, dan agama. Olahraga tidak memandang latar belakang seseorang, yang dicari adalah tontonan dan hiburan skill untuk merebut kemenangan. Diluar dari kontroversi yang sering terjadi, Sea Games memanglah ajang yang pas bagi atlet untuk pemanasan sebelum olimpiade berlangsung. (IAN/DEL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *