Opinion

Pentingnya Peran kita dalam Memerangi Narkoba

Dewasa ini banyak sekali kasus mengenai narkoba muncul ke permukaan, beritanya hampir terdengar setiap hari di telinga kita. Penggunanya mulai dari kalangan selebritis hingga mereka yang hidup tanpa batas. Seakan tidak ada habisnya, obat-obatan terlarang itu menjadi ancaman nyata. Kalau kita berbicara salah kenapa, tentu saja akan beragam jawaban yang muncul, yang pasti kita akan keliru jika mencari siapa yang bertanggung jawab akan semua hal tersebut. Sejatinya kita semua punya peran, kita semua harusnya turut ambil bagian.

Momentum peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) pada 26 Juni lalu menjadi pengingat bahwa ada yang benar-benar harus kita perangi di depan mata. Bagaimana tidak, kemunduran kualitas sumber daya manusia, krisis moral dan hal-hal buruk lainnya menjadi dampak buruk dari penggunaan narkotika. Kita tidak bisa menampik, akhir-akhir ini narkota tidak hanya identik dengan orang dewasa, bahkan remaja sekalipun kini telah banyak terkuak kasusnya.

Kita juga tahu bahwa penggunaan narkotika tidak hanya merugikan diri sendiri, setumpuk efek dari bahaya narkoba tidak hanya menjadi bayang-bayang hitam pemakainya, orang lain juga bisa diseretnya. Meskipun tidak mutlak, beberapa pengguna narkoba akan bersikap tempramen dan cenderung abai dengan lingkungannya. Tentunya hal tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada kehidupan bermasyarakat seseorang itu.

Tidak hanya penggunanya, hal yang lebih penting untuk kita soroti adalah mengenai pengedar narkoba itu sendiri. Terkhusus di Kalimatan Selatan  belakangan ini banyak sekali para pengedar yang diringkus, penggagalan ribuan kilogram sabu dan pemusnahan ribuan botol minuman keras. Itu mungkin hanya segelintir dari banyak kasus yang masih belum terungkap. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk bisa memerangi narkotika, keliru jika kita hanya berpangku tangan pada pihak yang berwenang. Sekarang sudah saatnya kita terlibat aktif dalam pencegahan narkoba, mulai peduli dengan lingkungan sekitar dan tentunya menebarkan kebaikan untuk sesama. (SA/IAN)

About the author

Sri Annisa

Add Comment

Click here to post a comment