OPINI 10 KELAS DAMAI : Bencana Alam (Banjir)

Editor : Bahriannor

Penulis : Maulida Fitri

Bencana alam sering terjadi di Indonesia, terutama banjir. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat agar banjir dapat dicegah sehingga tidak menyebabkan kerugian dari berbagai aspek kehidupan. Lalu, apa saja penyebab bencana di Indonesia? Di Indonesia, hampir setiap tahun mengalami banjir. Banjir dapat disebabkan oleh aliran sungai yang terhambat akibat sampah yang dibuang secara sembarangan ke sungai. Selain itu, banjir juga disebabkan oleh hutan gundul akibat perbuatan manusia yang tidak memikirkan lingkungan. Misalnya penebangan pohon di hutan secara asal sehingga tidak ada lagi yang dapat menyerap air. Akibatnya, masyarakat dilanda banjir yang biasanya memakan korban, menimbulkan penyakit dan menyebabkan sarana prasarana rusak.

Banjir harus dicegah agar tidak menjadi rutinitas tahunan yang menyebabkan banyak kerugian. Bencana yang terjadi tidak lain buah dari ulah tangan manusia. Bahkan, kini bencana tersebut semakin parah. Hal ini dapat terjadi karena lahan di kota banyak dimanfaatkan untuk mendirikan bangunan-bangunan beton.

Pada umumnya kesadaran masyarakat hanya muncul saat terjadi bencana saja, misalnya banjir. Setelah bencana berakhir, masyarakat akan kembali melakukan rutinitasnya dan mengabaikan dampak dari bencana banjir tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *