Opinion

MERAH – PUTIH DALAM KEHIDUPAN HARIAN

Warna merupakan pelengkap dari suatu ekspresi yang  dituangkan ke dalam gambar dan dapat dilihat secara visual. Warna menimbulkan bentuk dan gambar yang nyata karena pemilihan warna disesuaikan dengan objek asli di dunia nyata, misalnya untuk warna kulit digunakan warna cream atau coklat, warna langit cerah digunakan warna biru dan warna putih sebagai awannya.

Namun, terkadang warna memiliki makna tersirat yang dapat diartikan berbeda dari sudut pandang setiap  orang. Sering kali seseorang menunjukkan emosi yang dirasakan melalui gambaran dengan warna agar orang lain mengetahui apa yang sedang  dihadapi orang tersebut, sebagaimana contoh warna biru yang menggambarkan ketenangan seperti lautan dan pantai; warna merah menunjukkan emosi kemarahan layaknya  kobaran api; dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana dengan Bendera Indonesia? Indonesia memiliki dua warna pada bendera yakni warna merah dan putih. Warna merah dan putih yang kerap diartikan lambang “berani dan suci” ini memiliki beberapa penggunaan selain arti tersebut. Berikut penggunaan warna merah dan putih untuk kehidupan sehari-hari.

a. Warna Merah

Merah memiliki banyak artian dalam kehidupan sehari-hari. Merah bisa jadi berarti keberanian namun bisa juga berarti larangan.

Berikut beberapa sudut pandang merah yang dapat kita artikan.

  1. Merah sebagai Berani

Berani adalah sikap dan perilaku yang mampu mengambil keputusan pada kegiatan yang dihadapi. Sikap berani akan mempertimbangkan berbagai hal termasuk resiko dan keuntungan. Sikap berani digunakan dengan pemikiran matang serta waktu yang tepat dan diakhiri dengan sikap berani bertanggung jawab.

 

  1. Merah sebagai Larangan

Aturan dalam kehidupan bermasyarakat menciptakan nilai dan norma yang berlaku. Sebagai ketentuan yang berlaku, ada juga larangan yang perlu ditaati.  Misalnya saja Rambu-rambu lalu lintas. Warna merah memberi tanda bahwa larangan tersebut harus ditaati dan bersifat pelanggaran apabila dilakukan.

 

  1. Merah sebagai Semangat

Semangat timbul dengan perasaan, nafsu serta hasrat yang dirasakan pada masing-masing orang. Demi menggapai tujuan, semangat akan mimpi yang terwujud menjadi landasan waktu serta tolak ukur, sekuat apa tekad yang dimiliki orang tersebut. Terkadang, Merah didefinisikan sebagai semangat layaknya kobaran api yang terus menyala.

 

  1. Merah sebagai Energi

Energi atau kekuatan memberi gambaran seberapa kuat orang yang menjalani sebuah kehidupan. Walau kemampuan setiap orang berbeda, sebuah masalah akan membentuk energy orang seperti pohon yang berkembang dari kecil hingga dapat menaungi sebuah rumah. Merah salah satunya, merupakan warna yang dianggap sebagai Energi karena warnanya yang menyala dan terkesan sebagai semangat untuk menjalani setiap rutinitas kita.

b. Warna Putih

Walau putih identik dengan warna bersih, suci, lahir tanpa noda, terdapat artian lain yang perlu diketahui tentang Putih pada kehidupan sehari-hari, berikut makna warna putih tersebut.

 

  1. Putih sebagai Suci

Makna suci berarti bentuk murni yang digunakan pada asal usul. Murni tanpa campuran zat lain menjadikan putih sebagai kertas kosong dan siap diolah menjadi pedoman dan awal dari hal baru selanjutnya.

 

  1. Putih sebagai Bersih

Bersih dari noda, wujud putih yang bisa digunakan sebagai warna tanpa kotoran. Sebab putih memiliki warna dasar yang belom bercampur, warna ini cocok dipadukan dengan warna lain sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Putih sebagai Netral

Warna yang tidak memilih atau memihak kepada warna lain. Warna yang dapat menyeimbangkan dengan warna lain. Menetralisir segala macam warna menjadi warna putih yang tidak berat pada beeragam warna.

 

  1. Putih sebagai Kebebasan

Kebebasan berarti tak ada larangan serta hambatan karena sudah menjadi putih bersih serta suci. Warna yang bebas memilih kemana akan bergerak, berubah, serta berkembang sesuai dengan jalan pilihan.

 

Meskipun banyak makna warna yang diperoleh dari Merah dan Putih di kehidupan kita, yang terpenting ialah menghargai makna tersebut baik itu berlinai positif maupun negatif. Tidak ada salahnya kita mengetahui hal tersebut. Jangan menghindar apabila kita terkena dampak negatif dari makna tersebut karena keseimbangan itu berasal dari pancaran aura negatif dan positf yang menghasilkan pemikiran terbaik.