Opinion

5 Prinsip Menjaga Lingkungan tetap Seimbang

OPINI – Tahukah kamu setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang tentu saja tujuannya untuk menyadarkan kita pentingnya menjaga lingkungan tetap seimbang.

 

Berikut 5 prinsip yang bisa kamu terapkan dikeseharianmu.

  1. Buang Sampah pada Tempatnya

Sampah bukan hal baru bagi kita. Sampah plastik yang sulit terurai tentu akan menjadi permasalahan bagi lingkungan. Bagi kamu sobat damai, membuang sampah pada tempatnya adalah langkah kecil agar lingkungan tetap seimbang.

 

  1. Matikan Listrik ketika tidak digunakan.

Jangan sampai listrik tidak dimatikan arusnya ketika kamu tidak menggunakannya lagi. Hal ini tidak hanya mengganggu kestabilan lingkungan tapi juga boros pembayaran. Matikan peralatan yang memakai tenaga listrik ketika kita tidak lagi membutuhkannya.

 

  1. Bawa Botol Minum Sendiri

Jangan mengkonsumsi minuman yang menggunakan kemasan sekali pakai, hal ini tentu dapat merusak keasrian lingkungan. Cara terbaiknya adalah selalu membawa botol minum kemana pun bepergian.

 

  1. Bawa Tas ketika Berbelanja

Jika kamu pergi kepasar atau toko klontong usahakan membawa tas sendiri, jangan memakaiĀ  kantong kresek karena dapat mencemari lingkungan ketika dibuang. Menggunakan tas belanja selain menghemat pengeluaran, juga menjaga alam tentunya.

 

  1. Daur Ulang

Yuk, mulai sekarang makin rajin dan kreatif dalam mengelola limbah untuk dijadikan barang bernilai guna atau jual. Bagi kamu yang mau buat sesuatu dan kebingungan, bisa saja langsung cari informasi di Internet. Semakin banyak barang bekas yang kita daur ulang berarti kita turut serta menyelamatkan lingkungan. Ayo semangat! (IAN/KIM)

About the author

Bahriannor

Add Comment

Click here to post a comment