Opinion

HARI SANTRI NASIONAL

OPINI – Hai hai teman-teman, udah pada tau belum nih kalau setiap 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional?

Hari Santri Nasional atau biasa disingkat HSN ditetapkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal, Jakarta. Naahh, untuk tahun ini HSN mengambil tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”.

Tema tersebut tentunya tidak terlepas dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Penting diingat nih, Kemenag mewajibkan seluruh bentuk perayaan Hari Santri tetap menerapkan protokol kesehatan ya.

Bicara mengenai Hari Santri yang diperingati beberapa hari yang lalu tentunya juga tidak bisa terlepas dari sosok Hasyim Asy’ari, karena pencanangannya sendiri berasal dari deklarasi resolusi jihad beliau yang mewajibkan orang-orang terdahulu untuk berjuang melawan penjajah, dan momen tersebut dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme rakyat Indonesia kala itu. Nilal-nilai tersebut tentunya harus terus kita pegang bersama sampai hari ini.

Oh iya, jangan lupa untuk menjadikan momentum ini sebagai pengingat agar terus meneladani perjuangan para ulama dan santri sebagai bentuk membangun semangat perjuangan bangsa dan negara, serta memperkuat NKRI, yaa. (Sa/Nov)

About the author

khalisa putri alifa

Add Comment

Click here to post a comment