free page hit counter

Pelopor Pendidikan Nasional

Holla, Sobat Damai di setiap penjuru Nusantara

Selamat Hari Pendidikan Nasional

Lantunan doa terbaik untuk Pendidikan kita semakin maju dan berkualitas

Berharap setiap insan memiliki kesempatan untuk belajar

 

Tahukah Sobat Damai siapa yang menjadi pelopor Pendidikan Nasional?

Apa saja yang telah Ia lakukan sehingga kita bisa mengenyam pendidikan seperti sekarang ini?

 

Ya, Dia, seorang pelopor yang berusaha untuk mengubah masa depan anak bangsa. Dia yang berjuang agar dapat mencerdaskan setiap insan tanpa harus peduli apakah kita termasuk golongan orang kaya atau bukan, apakah kita termasuk sebagai keturunan Belanda atau bukan. Ya. Dia dengan nama Ki Hajar Dewantara, seorang pemuda yang selalu berusaha untuk memberikan hak pendidikan kepada setiap manusia bernyawa, pribumi yang dilanda dengan krisis kecerdasan pada masanya.

 

Tidak ada yang ingin mengulang masa kelam, namun setiap orang harus mengingat bahwa pada masa itu hadir seseorang yang berjasa dalam kehidupan bangsa kita. Dimana ketika ia telah selesai menghabiskan waktu pengasingan, Ki Hajar Dewantara memulai untuk mendirikan taman siswa, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan di Yogyakarta pada tanggal 3 Juli 1922 untuk seluruh anak bangsa tanpa harus memperhatikan status sosialnya. Dirinyalah juga yang menjunjung tinggi filosofi pendidikan di Indonesia berupa Tut Wuri Handayani yang berarti di belakang memberikan dorongan yang kemudian digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

 

Tidak ada salah dan benar yang bersifat mutlak, tidak ada status yang menjadi penghalang, semua berhak mencoba, berhak belajar, berhak mengembangkan diri didalam persaingan pendidikan diseluruh dunia.

 

Mari kita semarakkan pendidikan di Indonesia, melintasi seluruh negara, melampaui kemampuan yang telah ada, menciptakan pengetahuan yang berguna, Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar. (Zu/Ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *