free page hit counter

Kampung Herbal

‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ Seiring dengan berkembang pesatnya beberapa kampung tematik di kota Banjarbaru akibat potensi wilayahnya, membuat kampung-kampung baru pun mulai bermunculan. Masyarakat mulai menemukan potensi-potensi wilayahnya sendiri guna meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dan kini akan hadir calon kampung tematik baru, yaitu Kampung Herbal. Sesuai namanya, kampung ini tentu menawarkan produk-produk herbal namun dalam bentuk tanaman bukan produk langsung konsumsi. Hal itulah yang menjadi pembeda dengan Kampung Pejabat.

‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ Lokasi Kampung Herbal ini terletak di Bukit Permata Indah, Sungai Ulin Banjarbaru. Yang Kampung Herbal ini tawarkan kepada para pengunjung adalah tanaman-tanaman obat herbal yang mereka tanam sendiri di lingkungan rumahnya atau bisa juga disebut dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) namun, dengan beragam jenisnya.

‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ Tujuan munculnya Kampung Herbal ini sebagai salah satu bagian dari kampung tematik Banjarbaru adalah untuk menumbuhkembangkan budaya sadar akan pentingnya tanaman obat sebagai wujud pencegahan dini dalam skala kecil terhadap penyakit dan juga sebagai upaya dalam mendorong pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat secara mandiri.

‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ ‎ Berbagai kegiatan yang ditawarkan Kampung Herbal ini untuk para wisatawan, yaitu menanam tanaman herbal dengan label nama dan khasiatnya, membuat obat herbal, menjual obat herbal, dan kegiatan lainnya. Hal tersebut membuat kampung ini dapat dijadikan sebagai rujukan wisata edukasi terutama sumber belajar materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  mengenai konsep kegiatan ekonomi. (ZR/RON)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *