Opinion

Tiga Macam Radikalisme di Indonesia

OPINI-Radikalisme adalah musuh bersama yang harus dihilangkan dari negara kita, karenanya kita harus memahami pergerakan maupun tindakannya. Ada beberapa pergerakan dan tindakan radikalisme yang harus kita pahami di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

  1. Radikalisme Keyakinan

 

Radikalisme ini memiliki karakter mengkafirkan segala hal yang tidak sejalan dengan keyakinan mereka. Kelompok ini cenderung merasa setiap tindakan orang lain salah, dan dengan gampang menggolongkan orang lain sebagai orang kafir yang dianggap tidak akan masuk surga kecuali kelompoknya sendiri..

  1. Radikalisme Tindakan

 

Radikalisme ini memiliki karakter menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kemenangan atau memenuhi hasratnya dengan sebuah tindakan yang mengatas namakan agama. Karena mengatasnamakan agama, kelompok ini akan selalu merasa tindakannya benar walaupun harus dengan cara membunuh. Radikalisme Tindakan

tidak serta merta dapat merasuki fikiran seseorang untuk bertindak. Pemikiran ini muncul kerap kali dimulai dari proses keingintahuan seseorang yang didoktrinisasi oleh orang lain dengan cara menanamkan pemahaman dari sudut pandang yang salah.

  1. Radikalisme Politik

 

Radikalisme ini memiliki karakter dengan tujuan menginginkan perubahan ideologi negara dengan tujuan agar mereka dapat berkuasa dan menjalankan sistem pemerintahan yang dianggap benar oleh kelompok mereka. Kelompok ini cenderung menilai Pancasila sebagai sumber terhambatnya pembangunan negara, baik dari sisi sumber daya manusia, infrastruktur maupun kesejahteraan masyarakatnya. Padahal nyatanya, ideologi kita saat ini sudah mengcoverkeberagaman agama, suku maupun budaya sehingga tidak ada yang lebih dominan dalam tatanan kehidupan bernegara.

 

Dari ketiga jenis tersebut, sadar atau tidak itulah radikalisme yang tumbuh di Indonesia, dan bisa jadi sedang berada disekeliling kita. Pergerakan mereka secara sembunyi-sembunyi, dimulai dari sebuah pemaham radikal kemudian bertindak pada saat yang tepat. Maka dari itu kita harus saling menguatkan dan saling mengingatkan agar negara kita tetap aman dan damai dalam kebhinnekaan serta jauh dari tindakan radikasilme dan terorisme. (Rlw/Nov)

#radikalisme #terorisme #cegahradikalisme