Artikel

Pemimpin Masa Kini (Versi Bina Masyarakat)

Holla, Sobat Damai yang ada di seluruh  penjuru Indonesia.

Salam Damai, Salam Cinta, dan Salam Hangat untuk kalian semua.

Kali ini aku masih mengangkat topic mengenai menjadi pemimpin Masa Kini, namun dalam versi yang berbeda. Jika sebelumnya aku membahas dalam versi bina diri dan bina satuan, maka kali ini aku akan membahas tentang bina Masyarakat. Wow, apa yang sudah kalian pikirkan ketika sudah menjadi pemimpin masa kini yang mampu membina masyarakat? Apakah kalian langsung terpikir sebagai ketua RT, Ketua RW, Kepala Desa, Lurah, Pak Camat, Bu Bupati, atau Bahkan Gubernur dan Presiden? Wah, Jika iya maka selamat kalian tidak salah. Hanya saja, saat ini aku tidak membicarakan pangkat dan statusnya namun membicarakan tentang sikap seorang pemimpin masa kini dalam Bina Masyarakat.

Jujur saja, berbicara tentang masyarakat aku sedikit berat dalam mengungkapkannya karena didalam setiap masyarakat memiliki adat dan istiadat yang berbeda-beda sehingga banyak hal yang harus diperhatikan. Adapun tips-tips dalam Bina Masyarakat sebagai Pemimpin Masa Kini yaitu sebagai berikut:

  1. Belajarlah untuk menghormati dan menghargai orang lain baik itu dalam bentuk verbal maupun fisik.
  2. Bersihkan hati dan murnikan tujuan bahwa semata-mata hanya untuk saling membantu, bukan untuk mencari keuntungan pribadi. Karena lingkup masyarakat lebih sulit untuk menyatukan pemikiran.
  3. Memberi lebih baik dari pada meminta.
  4. Bersikaplah bahwa anda paling bodoh agar selalu menerima setiap ilmu yang diajarkan oleh masyarakat.
  5. Iklhas dan Bakti menjadi sandaran ketika terjun bermasyarakat.

Itu dia, tips dari saya sebagai pemimpin masa kini versi masyarakat, menjadi pemimpin tidak selalu menjadi yang terdepan, namun dapat mengedepankan orang lain. Ketika kalian mampu menghargai setiap tindakan baik orang lain, maka yakinlah suatu hari kalian akan menjadi pemimpin yang baik.

Salam Cinta dan Salam Damai.. (Zu/IAN)

About the author

Siti Zubaidah

Add Comment

Click here to post a comment