Opinion

SELAIN INDONESIA, BERIKUT FAKTA SEPUTAR NEGARA YANG MERDEKA DI BULAN AGUSTUS

Agustus merupakan salah satu bulan penting bagi Indonesia. Tepat tanggal 17 kemarin Indonesia berumur 75 tahun sejak merdeka ditahun 1945. Ternyata bukan hanya Indonesia, ada 25 lebih Negara didunia yang merdeka dibulan ini yaitu : Afghanistan, Benin, Bolivia, Burkina Faso, Republik Afrika Tengah, Chad, Kolombia, Republik Kongo, Estonia, Gabon, Hongaria, Korea Utara, Kirgixtan, Malaysia, Moldova, Niger, Pakistan, Singapura, Swiss, Trinidad dan Tobago, Ukraina, dan Uruguay.

Berikut fakta seputar 5 negara yang merdeka di bulan Agustus pilihan penulis

  1. Malaysia

Siapa sih yang gak kenal dengan Negeri Jiran yang satu ini. Negara yang terkenal dengan kartun Upin Ipin ini mendapatkan kemerdekaan dari persemakmuran Inggris tanggal  31 Agustus. Malaysia terkenal dengan menara kembarnya yang bernama Petronas. Selain itu negeri yang serumpun dengan Indonesia ini menjadi rival abadi diberbagai aspek kompetisi diantaranya badminton dan sepakbola. Tentu bagi pecinta sepakbola pasti tidak akan lupa dengan momen final piala AFF 2010 yang mempertemukan Indonesia dan Malaysia, dimana saat itu Malaysia keluar sebagai juara setelah melewati babak adu tos-tos. Indonesia juga pernah menang atas Malayasia di cabang badminton pada ajang Olimpiade Rio 2016 dimana pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil merengguh emas atas wakil harimau Malaya tersebut. Walaupun rivalitas kedua Negara ini bergitu sengit, namun nyatanya tetap hidup rukun dan damai.

  1. Korea Utara

Negara yang berada di Asia Timur dan beribukota Pyongyang ini memperingati hari kemerdekaannya tiap tanggal 15 Agustus. Fakta pertama dimana pendapatan Negara di sini sepertiganya diberikan untuk militer dan yang mengejutkan adalah di Korea Utara hanya ada 1 channel televisi yang berisi berita, hiburan serta pemerintahan. Salah satu yang menyebabkan Korea Utara dikenal sebagai Negara tertutup adalah dibatasinya akses internet bahkan cenderung susah untuk mendapatkan sinyal internet. Terakhir, separuh dari pendapatan Korea Utara merupakan hasil dari penjualan senjata, mungkin ini salah satu penyebab Negara sekelas Amerika Serikat saja cukup wanti-wanti ketika bertemu Korea Utara.

  1. Kolombia

Kolombia memperoleh kemerdekaan pada tanggal 7 Agustus. Salah satu Negara dibagian benua Amerika ini memiliki kawasan hutan 72% dari total luas negaranya. Uniknya lagi bahasa nasional Kolombia adalah bahasa Spanyol. Seperti Indonesia, Kolombia juga rawan gempa dan erupsi gunung api karena dilalui cincin api pasifik. Ngerinya, Negara Kolombia memiliki tingkat kriminal yang cukup tinggi berupa penculikan.

  1. Singapura

Negara yang satu ini bisa terlihat jelas di malam hari ketika berada di pulau Batam, Indonesia. Negara yang luasnya lebih kecil dari luas Provinsi DKI Jakarta ini memperoleh kemerdekaan pada tanggal 9 Agustus. Singapura merupakan Negara maju dan metropolitan. Kita taunya Singapura adalah Negara yang berada di satu pulau saja, nyatanya Negara ini mempunyai 65 kepulauan kecil dan air terjun buatan tertinggi di dunia setinggi 30 meter. Luar biasa kan  Negara yang terkenal dengan merlion ini.

  1. Swiss

Kini kita beralih ke Negara di Benua Eropa, Swiss merdeka tanggal 1 Agustus. Swiss memiliki kota yang bernama Zurich sebagai kota yang berpredikat kualitas hidup terbak didunia. Swiss merupakan Negara di Eropa yang miskin akan sumber daya alam. Namun Swiss terkenal dengan produk makanannya seperti cokelat dan keju. Swiss tempat lahirnya palang merah, itu sebabnya logo palang merah identik dengan bendera nasional Swiss. (IAN/NOV)