Opinion

Memaknai Hari Natal

OPINI – Hai sobat damai, pasti kalian sudah tau kan bahwa setiap 25 Desember merupakan hari besar bagi saudara kita yang beragama Kristen. Yap! Hari itu disebut hari raya natal.

Biasanya beragam pernak pernik seperti lampu, hiasan dan juga pohon natal didekorasi sedemikian rupa untuk menyambut hari raya ini. Selain itu, bertamu dan bertukar kado kepada teman dan saudara juga merupakan tradisi di hari natal loh!

Namun tahu kah kalian bahwa natal memiliki makna yang lebih dalam dari yang kita tau! Yuk simak apa saja sih makna dibalik hari natal yang di kutip dari popmama.com

Natal Artinya Kelahiran

Natal berasal dari bahasa latin natus, yang berarti kelahiran. Umat Kristiani memercayai Yesus lahir dalam kesederhanaan dan kesahajaan.

Yesus disebut juga Imanuel yang artinya Allah menyertai. Maknanya adalah, Tuhan hadir bersama umat-Nya.

Natal Adalah Saat Kembali ke Akar

Layaknya hari besar keagamaan lain, Hari Natal dimanfaatkan keluarga Kristiani untuk berkumpul di kampung halamannya.

Berkumpul memiliki banyak makna untuk memperkuat dan menghubungkan tali persaudaraan agar semakin erat.

Natal Merupakan Simbol Pengorbanan

Umat Kristiani percaya Natal adalah simbol pengorbanan Tuhan untuk menyelamatkan umat manusia dengan mengirimkan anaknya ke tengah umatnya.

Ajaran ini yang kemudian harus diresapi umat Kristiani dengan kerelaan berkorban fisik dan mental demi orang lain.

Natal adalah Kesederhanaan

Ada pesan yang ingin disampaikan mengapa Yesus digambarkan lahir dalam kesederhanaan. Maknanya adalah Ia hadir untuk menyelamatkan umat-Nya yang tersisihkan dan tak berharta.

Natal bukanlah berfoya-foya atau pesta. Tetapi berbagi kebahagiaan dengan cara sederhana.

Bertukar kado yang menjadi tradisi bukan nilainya yang penting tetapi usaha bagaimana kado tersebut dipikirkan, uangnya dikumpulkan sedikit demi sedikit, dan diberikan untuk memberi kebahagiaan.

Natal Bermakna Solidaritas

Di negara yang multikultural dan multiagama, seringkali dalam keluarga besar pun terjadi keberagaman.

Di perayaan Hari Natal, seperti juga Hari Raya Idul Fitri, keluarga akan dengan senang hati membuka pintu rumahnya untuk siapa pun yang datang dan ingin saling mengucapkan selamat hari raya.

 

Nah setelah membaca makna hari natal di atas, tentu kita harus bisa lebih memaknai hari besar saudara kita ini, karena natal bukan tentang seberapa indah pohon yang dihias atau seberapa mahal hadiah yang diberikan tetapi natal lebih mengajarkan kita untuk menghargai setiap pertemuan, pemberian dan pengorbanan yang orang lain berikan. (Dps/Nov)

 

About the author

Dea Puspita

Add Comment

Click here to post a comment