Opinion

YUK! KUATKAN UMKM KAMU DENGAN CARA INI

FINANCE-Setelah sebelumnya kita membahas terkait Negara-Negara yang Jatuh Resesi, Indikator Negara Resesi, dan Sektor yang Dapat Dikuatkan Cegah Indonesia Resesi yang salah satunya melalui penguatan sektor UMKM, maka kali ini kita akan bahas bagaimana caranya menguatkan UMKM di tengah pandemi seperti ini. Berikut Duta Damai Kalimantan Selatan rangkum dalam  berbagai sumber, sebagai berikut :

  1. Ikuti Event Pameran dan Festival

Pameran atau festival yang sering diselenggarakan di sekitar kamu bisa menjadi wadah yang tepat untuk melakukan pengenalan produk pada khalayak. Jika kamu adalah pemilik UMKM, manfaatkanlah kesempatan seperti ini untuk mempromosikan produk kamu. Buat masyarakat menjadi tahu bahwa kamu menjual produk seperti yang mereka butuhkan. Tentunya, kamu perlu memilih pameran atau festival yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan. Contohnya, jika produk yang kamu tawarkan adalah makanan, maka cobalah mengikuti festival makanan. Namun di tengah pandemi seperti ini tentu kamu harus mencari Pameran atau Festival secara Online yah!

 

  1. Bangun Relasi Antar Pengusaha

Membangun relasi memang tidak dapat dipisahkan dari dunia usaha. Cobalah untuk membangun relasi yang banyak antar sesama pengusaha. Hal ini dapat berdampak baik bagi usaha yang kamu tekuni saat ini. Misalnya, melalui relasi bisnis yang baik tersebut kamu bisa bekerja sama di masa mendatang. Kamu bisa memulainya dengan membangun silaturahmi terlebih dahulu.

 

  1. Meningkatkan Pelayanan

Jangan menutup mata akan saran & kritik yang disampaikan oleh pelanggan. Sebaliknya, gunakanlah kedua hal tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan pelayanan dalam bisnis kamu. Selain itu, dengan mendengarkan keluh kesah pelanggan juga akan mempererat hubungan di antara kamu dan pelanggan. Pelanggan yang merasa puas karena saran dan kritiknya telah didengar, tentu akan merasa senang karena dipedulikan. Tidak menutup kemungkinan, mereka akan menjadi pelanggan yang setia di bisnis kamu.

 

  1. Manfaatkan Media Sosial & E-Commerce

Hm, ini nih yang jadi jantung UKM berjalan pesat selama pandemi. Selain pemerintah telah menghimbau agar para pelaku UMKM mau mengembangkan bisnis mereka lewat media online, metode ini memang sudah menjadi kebutuhan dalam dunia usaha selama pandemi. Salah satunya adalah melalui sosial media dan e-commerce. Dengan memanfaatkan media daring tersebut, kamu bisa menjangkau pasar yang lebih luas, mengingat internet dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Ini juga meningkatkan pendapatan dari bisnis kamu meskipun #dirumahaja.

 

  1. Melakukan Promosi

Hal wajib bagi kamu yang ingin mengembangkan  sebuah usaha. Kamu bisa melakukan promosi secara online maupun offine. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi. Jika budget yang Anda miliki terbatas untuk melakukan promosi secara offline, kamu bisa memanfaatkan media online  untuk menekan biaya. Apalagi saat ini pengguna media online sangat banyak, bukan.

 

  1. Buka Cabang di Tempat Strategis

Jika kamu saat ini ingin mengembangkan usaha kamu melalui pembukaan cabang. Pastikan cabang yang kamu akan bangun nantinya berada di tempat yang strategis dan berpotensi baik untuk penjualan produk yang kamu tawarkan. Untuk itu, kamu perlu melakukan observasi atau pengamatan pada lokasi yang ingin kamu gunakan untuk buka cabang.

 

  1. Terus Lakukan Inovasi

Kamu harus membuang jauh-jauh pikiran bahwa usaha yang dilakukan saat ini sudah maksimal. Dalam berbisnis, pikiran tersebut dapat membuat bisnis tidak berkembang. Bisa jadi saat ini kamu sedikit beruntung karena memiliki pelanggan yang lumayan banyak, tetapi jika situasi sedang memburuk karena pembeli sedikit maka jalan satu-satunya adalah membuat inovasi baru. Inovasi baru ini bentuknya bisa bermacam-macam, tergantung cara kita mengeluarkan produk baru, membuat promosi-promosi yang bisa menarik perhatian atau bahkan mengubah konsep branding. Apalagi di masa pandemi gini, tentu kamu butuh banyak inovasi. (NOV)

 

Sumber :

akun.biz

berdesa.com

modalrakyat.id

About the author

Novy Listiana

Add Comment

Click here to post a comment