Opinion

Yuk, Jadi Pahlawan di Era Masa Kini

Wah gak kerasa kita sudah memasuki bulan kesebelas di tahun 2020 ini, ya November nama bulannya. Tepat tanggal 10 ini diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tandanya kita sebagai generasi milenial harus turut serta mengenang dan paham akan perjalanan panjang sejarah Bangsa ini. Gak sampai disitu saja, kita juga bisa jadi pahlawan loh!

Di masa seperti ini, tentu perjuangan kita berbeda dengan perjuangan pahlawan zaman dulu yang langsung berperang mengusir penjajah dari Bumi Indonesia, di Bumi Khatulistiwa khususnya.

Kali ini, tim Blogger Duta Damai Kalimantan Selatan bakal berbagi informasi bagaimana caranya biar kita menjadi pahlawan milenial di masa kini. Simak ya!

  1. Menjaga Lingkungan

Tahukah kamu, lingkungan merupakan salah satu isu yang sering diangkat. Tentu karena permasalahannya begitu kompleks mulai dari sampah plastik hingga bahan zat berbahaya yang mengotori lingkungan kita. Sebagai generasi milenial, sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga, serta menfaatkan sampah. Bisa melalui mendaur ulang sampah, hingga menjadikannya barang bernilai jual. Agar sampah bisa memiliki nilai lebih.

  1. Hemat Energi

Tak kalah pentingnya, penghematan energi merupakan cara jitu kita yang hidup dijaman sekarang turut serta menjaga bumi dari kerusakan. Langkah mudahnya dengan cara menggunakan peralatan berbau elektronik seminim mungkin jangan berlebihan dan selalu matikan jika tidak digunakan.

  1. Berinovasi dalam Bekarya

Sekarang sudah zamannya gadget, hampir tiap orang memilikinya. Maka kita juga dituntut untuk cekatan dalam berpikir terutama dalam melakukan terobosan baru dan memunculkan karya yang lebih brilian. Tidak perlu yang wow, tapi bermanfaat untuk lingkungan kita, bisa dimulai dari pemikiran, hingga aksi nyata.

  1. Giat Belajar 

Fokus dalam mencari ilmu pengetahuan dan tak segan untuk berbagi wawasan kepada sesama. Selalu mengembangkan skill sesuai minat dan bakat yang di tekuni.  Semua ini dapat menjadi jalan untuk membuka jendela dan pintu-pintu dunia yang sebelumnya tertutup.

Nah! Itu tadi sedikit dari banyaknya hal yang bisa kita lakukan untuk menjadi pahlawan masa kini di tengah kepungan teknologi. (IAN/HFW) 

About the author

Bahriannor

Add Comment

Click here to post a comment