News

EDUKASI WARGA TENTANG CORONA, SMAN 1 SUNGAI PANDAN DAN DUTA DAMAI KALSEL BAGIKAN 3000 MASKER GRATIS

Hulu Sungai Utara (22/04/2020) — Virus Corona kini tak hanya menyebar di kota besar, namun telah masuk ke wilayah sekitarnya. Di Kalimantan Selatan misalnya, hampir semua daerah kabupaten/kota telah ditemukan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Tentu hal ini menjadi kekhawatiran sendiri bagi kita, ditambah lagi informasi sering kali kurang di daerah.

Berawal dari antusiasme pemuda yang berasal dari Keluarga Besar SMAN 1 Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Duta Damai Kalsel yang telah bertekad untuk membantu edukasi tentang penyebaran dan penanggulangan Covid-19 merasa terpanggil untuk berkontribusi.

Kegiatan ini didukung oleh donasi berbagai pihak. Mulai dari siswa-siswi, dewan guru, alumni SMAN 1 Sungai Pandan hingga masyarakat umum. Donasi dibuka secara publik dari tanggal 4 hingga 20 April 2020 sehingga masyarakat umum juga dapat berkontribusi dalam kegiatan ini. Tak hanya dana, ada juga donasi berupa barang seperti hand sanitizer.

“Lebih lanjut donasi ini bersumber dari sumbangan para alumni, Duta Damai Kalsel, siswa-siswi dan dewan guru SMAN 1 Sungai Pandan beserta seluruh Masyarakat. Baik berupa dana maupun barang seperti hand sanitizer,” tutur Koordinator Aksi, Nashirudin.

Dalam kegiatan kali ini ada kurang lebih 3000 masker, vitamin, dan hand sanitizer yang dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma. Selain itu juga ada pemasangan spanduk di 9 (sembilan) tempat, serta edukasi tentang penggunaan masker dan pencegahan penularan Virus Corona kepada masyarakat kabupaten HSU, khususnya di desa Alabio.

Indra Maulana selaku Koordinator Lapangan menjelaskan  pembagian dibagi ke beberapa titik seperti di SMAN 1 Sungai Pandan dan di depan Kantor Camat Alabio.

Antusiasme masyarakatpun sangat tinggi dengan adanya kegiatan ini.

“Belum ada kegiatan yang besar seperti ini untuk membagikan masker dan vitamin gratis, ada edukasinya lagi. Semoga kita sehat semuaan,” ucap salah satu perwakilan masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Kecamatan Sungai Pandan, Polsek Alabio, Koramil Sungai Pandan, serta Puskesmas Alabio.

Kepala Sekolah SMAN 1 Sungai Pandan, Midehan Nabhani, berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat HSU dapat tehindar dari Covid-19.

“Kita berharap masyarakat bisa dan harus paham tentang pentingnya pencegahan Covid-19. Dengan kegiatan ini juga, kita berharap kabupaten HSU tidak terjangkit virus Corona,” tuturnya.

Melihat antusiasme masyarakat untuk bersama #SalingJaga, Duta Damai Kalsel selalu siap mendukung, membantu, serta mendorong generasi muda dan masyarakat pada umumnya dalam kegiatan edukasi pencegahan penyebaran Covid-19 terutama di Kalimantan Selatan.

“Harapan kita, tidak hanya Kota Banjarmasin dan kabupaten Hulu Sungai Utara saja yang bisa kita sentuh. Namun juga seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan,” ujar Ralin, koordinator Duta Damai Kalsel.

Duta Damai Kalsel juga berkomitmen untuk memperbanyak edukasi melalui media masa.

Penulis: Hafizah Fikriah Waskan ^^