Opinion

Diabetes? Begini Ciri-Cirinya!

OPINI – Halo sobat Damai! Sudah tahu, belum jika 14 November kemarin adalah hari diabetes sedunia? Apasih yang terlitas di pikiran kamu ketika medengar kata diabetes? Pasti ada nih yang mikir kalau diabetes itu cuma penyakit yang biasa diderita sama orang yang sudah lanjut usia atau bahkan yang kamu pikirin diabetes itu cuma iklan televisi aja? Hehe

Sebelumnya aku kasih tau dulu nih kalau sebenarnya diabetes itu adalah penyakit yang biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat hingga menyebabkan gula darah di dalam tubuh meningkat dan berada pada ambang batas norma yang biasanya bersifat kronis atau berkepanjangan.

Banyak banget orang di luar sana yang bahkan nggak sadar kalau mereka menderita penyakit yang satu ini loh! Itu disebabkan karena penyakit diabetes ini mirip dengan kondisi sakit yang biasa hingga tak jarang baru di ketahui ketika sudah mengarah pada komplikasi. Untuk memastikan seseorang mengidap diabetes atau tidak biasanya harus melewati serangkaian pemeriksaan dari dokter terlebih dahulu.

Biar makin aware sama penyakit yang satu ini berikut Duta Damai kasih ciri-ciri dari diabetes. Kuy simak!

  1. Sering Buang Air Kecil

Apakah kamu sering bolak balik toilet buat buang air kecil? Jika iya kamu harus waspada karena buang air dengan intensitas waktu yang relatif pendek merupakan salah satu ciri dari diabetes. Ciri yang satu ini akan semakin parah ketika malam hari hingga membuat kamu nggak bisa tidur nyenyak dan sering terbangun di tengah malam untuk ke toilet.

  1. Cepat Haus

Rasa haus kali ini beda dengan haus biasanya karena tidak akan hilang walaupun kamu sudah minum. Kok bisa? Ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan gejala sering pipis. Kamu merasa selalu haus karena tubuh kamu membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang lewat urine.

  1. Mudah lapar

Orang diabetes biasanya memiliki masalah dengan produksi insulin ataupun kemampuan tubuh dalam merespons insulin. Akibatnya, proses perubahan glukosa menjadi energi pun terhambat. Kebutuhan energi kamu jadi tidak terpenuhi walaupun sudah makan. Tubuh yang “merasa” belum dapat energi, akan mengirimkan sinyal untuk kembali makan.

  1. Berat Badan Turun Drastis

Kalau biasanya tubuh akan menggunakan glikogen (glukosa) sebagai sumber energi maka beda nih sama mereka yang menderita diabetes karena masalah insulin tak mampu memproses perubahan glukosa menjadi energi, tubuh mulai “mencari” sumber lain dari tubuh, yaitu protein. Tubuh akan terus berusaha memecah lemak dan otot untuk dijadikan energi. Nah, pemecahan otot dan lemak inilah yang membuat kamu mengalami penurunan berat badan.

  1. Lemas dan Sakit Kepala

Penderita diabetes tahap awal biasanya mengeluhkan gejala sakit kepala, badan terasa lemas, dan tidak bertenaga. Ada dua alasan terkuat yang bisa menyebabkan munculnya ciri-ciri diabetes ini, yaitu kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  1. Gusi merah dan bengkak

Mulut adalah pintu utama masuknya makanan ke dalam tubuh karenanya mulut pun menjadi lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Kalau orang yang sehat bisanya sistem kekebalan tubuh akan mudah melawan bakteri di mulut. Namun, orang yang diabetes akan lebih rentan terhadap infeksi karena daya tahan tubuhnya lebih lemah. Akibatnya, pertumbuhan bakteri menjadi lebih pesat dan menyebabkan infeksi pada gusi.

  1. Luka yang Susah Sembuh

Keadaan ini terjadi karena tingginya kadar gula darah sehingga menyebabkan dinding pembuluh darah arteri menyempit dan mengeras. Gejala kencing manis ini juga diperparah dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Kadar gula darah yang terlampau tinggi pada pasien diabetes membuat sel-sel tubuh yang bertugas untuk menjaga sistem imun melemah. Akibatnya, luka sedikit saja bisa jadi infeksi parah yang sulit diobati.

Jadi gimana nih, dari 7 ciri-ciri diabetes apakah kamu merasa memiliki beberapa diantaranya? Jika iya coba deh ingat ingat seberapa sering gejala ini timbul akhir-akhir ini dan untuk memastikan kondisi kesehatan kamu jangan lupa untuk segera cek ke fasilitas kesehatan di wilayahmu entah puskesmas atau rumah sakit, ya.

Sebab semakin cepat kamu sadar akan sangat baik agar dapat secepatnya di tangani dan terhindar dari resiko diabetes. (Gin/Nov)

 

Sumber :

https://hellosehat.com/diabetes/gejala-diabetes/#:~:text=Menurut%20American%20Diabetes%20Association%2C%201%20dari%203%20orang,karena%20tubuh%20Anda%20kehilangan%20banyak%20cairan%20lewat%20urine.