Opinion

5 REKOMENDASI OLAHRAGA DARI RUMAH SELAMA PANDEMI

Sejarah mencatat perhelatan akbar Asian Games ke-4 tahun 1962 tepatnya pada 24 Agustus merupakan Asian Games pertama Indonesia sebagai tuan rumah. Kala itu seluruh lapisan masyarakat Indonesia bersatu dan memiliki tujuan yang sama yaitu memperkenalkan Indonesia dikancah Asia melalui olahraga.

Nah, di Indonesia sendiri setiap tanggal 9 September memperingati Hari Olahraga Nasional. Berhubung pandemi Covid-19 belum berakhir, berikut 5 olahraga yang bisa dilakukan sobat damai dari rumah saja.

  1. Superman and Superwomen

Gerakan ini sangat mudah dilakukan siapa saja. Bagi individu yang lagi sakit punggung bawah maka latihan ini akan membantu memperkuat punggung bagian bawah dan atas.

Cara melakukannya berbaringlah di atas matras dengan kaki dan tangan telentang di depanmu. Lalu angkat kedua lengan dan kakimu secara bersamaan setinggi mungkin tapi tidak merasa sakit.

Istirahat sebentar, turunkan dan ulangi lagi. Jika gerakan ini sudah nyaman maka lakukan angkat kedua tangan dan kaki secara bersamaan.

  1. Push Up

Gerakan ini sangat bagus dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Cara melakukannya sangat mudah. Berbaringlah di lantai dan letakkan telapak tangan di sisi dadamu. Tekuk sedikit, dorong tubuh keatas sampai lenganmu hampir lurus. Lalu perlahan turunkan kembali.

  1. Jumping Jack

Melakukan gerakan ini secara teratur akan membuat jantungmu lebih kuat, otot lebih kuat dan membantu menurunkan berat badan.

Cara melakukannya berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan di samping tubuh. Lompat bersama mengangkat tanganmu di atas kepala dan pisahkan kakimu.

  1. Downward-Facing Dog

Olahraga ini bermanfaat untuk meredakan sembelit, mengurangi ketegangan dan meredakan nyeri otot.

Cara melakukannya, rebahkan tubuh dengan posisi terkurap di atas alas. Perlahan angkat tubuh, lalu bokong ke arah langit-langit. Usahakan tulang punggung selurus mungkin. Ulangi sebanyak 5 kali.

  1. Crunch

Aktivitas fisik ini akan mampu mengurangi kelebihan lemak di sekitar pinggang. Berbaringlah di atas matras. Tekuk lutut, telapak kaki menumpu pada matras dengan posisi dengan lutut atau bisa agak direnggangkan. Lalu letakkan tangan dibelakang telinga dan jari-jari lainnya menyangga kepala. Angkat tubuh bagian ata. Ambil napas setiap kali kali mengangkat tubuh. Kembali ke posisi semula, hembuskan napas. Ulangi sebanyak 10 kali.  (IAN/NOV)