Opinion

4 Prinsip Sam Allardyce

OPINI – Halo Sobat Damai! Kali ini kita bakalan kembali bahas kispiratif.

Berbeda dari sebelumnya, Kispiratif kali ini datang dari Sam Allardyce, seorang mantan pemain sepak bola berkewarganegaraan Inggris yang kini menjadi manajer klub West Bromwich Albion.

Sam Allardyce mengungkap penyebab kariernya langgeng sebagai pelatih sepakbola. Juru taktik berusia 66 tahun itu sudah 31 tahun berada di kursi kepelatihan sejak 1989.

Saat ini, ia menangani West Bromwich Albion. Ketika ditanya mengapa kariernya bertahan lama, ia mengatakan dirinya selalu menghindari kerumitan dengan sifat pragmatis.

“Pragmatis adalah prinsip saya ketika menangani sebuah klub dan pemain sepakbola,” katanya seperti dilansir Tribalfootball

Eits.. apa itu Pragmatis? Menurut KBBI sih pragmatis itu artinya bersifat praktis dan berguna bagi umum; bersifat mengutamakan segi kepraktisan dan kegunaan (kemanfaatan); mengenai atau bersangkutan dengan nilai-nilai praktis; yaaa.. intinya melihat realita dan mengambil baiknya untuk segi kemanfaatan deh, yaa.. Jadi ga maksain kehendak gitu loooh…

Dengan prinsip yang dipegang, ia bisa mengetahui kapabilitas sebuah klub dan pemain sepakbola. Dengan cara itu, ia selalu bisa mengambil aspek positif dari setiap pekerjaan.

Selain itu, pria yang dijuluki Big Sam itu selalu menjunjung tinggi rasa hormat kepada staf yang bekerja dengannya. Menjaga hubungan baik dapat mendukung profesinya di dalam dan di luar lapangan.

“Mereka selalu bekerja agar pemain mendapat kesempatan dan meraih sukses,” ucapnya.

Hmm.. Mantep banget yah.. Kemanfaatan, tidak memaksakan kehendak (melihat potensi yang ada), menjunjung tinggi rasa hormat dan menjaga hubungan baik menjadi kunci utama yang bisa kita petik nih, Sobat Damai! Semoga kita bisa menerapkannya, yah.. (Nov)

 

Sumber : Republika

About the author

Novy Listiana

Add Comment

Click here to post a comment