Opinion

MELIHAT LEBIH JAUH MAKNA BHINNEKA TUNGGAL IKA

Semboyan yang selalu dielu-elukan di atas banyaknya perbedaan di Indonesia. Mulai dari perbedaan agama, suku, bahasa, budaya dan lainnya.

Namun, ada yang kita lupa. Bhinneka tunggal ika bukan berarti sebatas ‘berbeda-beda tetapi tetap satu’, ada kata Ika yang bermakna ‘itu’. Lalu apa maksudnya?

Menurut Suroto, Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Lambung Mangkurat, Ika (itu) merujuk pada Pancasila.

Jadi, Bhinneka Tunggal Ika bermakna bahwa perbedaan yang ada di Indonesia tetap bersatu karena Pancasila.

Gimana? Dalem banget kan sebenarnya makna semboyan itu?

Dalam melaksanakan semboyan itu agar tak hanya jadi sekedar semboyan, tentu perlu komitmen bersama dari setiap kalangan.

Komitmen yang tak hanya sekedar dalam bubuhan tandatangan di selembar kain tentunya. Apalagi sebagai generasi muda, haruslah menerapkan betul-betul komitmen ini.

Salah satu langkah konkritnya adalah dengan tidak menyebarkan informasi secara sembarangan tanpa menyaringnya terlebih dahulu. Terlebih lagi jika isu itu menyangkut SARA, tentu akan sangat membahayakan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

Perlu diingat bahwa Indonesia besar karena kita bersatu. Bukan tersekat-sekat oleh egoisme dan kepentingan golongan semata.

 

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA
1 JUNI

About the author

Hafizah Fikriah Waskan

2 Comments

Click here to post a comment