News

2017 Awal Kami Mulai “BNPT Latih Anak Muda Kalimantan Selatan Menjadi Duta Perdamaian”

(para peserta duta damai dunia maya Banjarmasin)

Banjarmasin – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) hadir di kota Banjarmasin dalam rangka menggelar pelatihan Duta Damai, pelatihan yang digelar pada hari Selasa (12/9/2017) bertempat di Hotel Golden Tulip Galaxy Banjarmasin. Dalam pelatihan tersebut BNPT menghimpun 60 anak muda pegiat media sosial seperti Blogger, IT dan Desaign Komunikasi Visual. Para peserta diberikan pemahaman bahwa paham radikal terorisme merupakan ancaman nyata bagi perdamaian dan keutuhan NKRI.

(Sharing season with Kikan)

Dalam sambutannya ketika membuka kegiatan Pelatihan Duta Damai, Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko selaku Kasubdit Kontra Propaganda BNPT menegaskan bahwa kelompok radikal terorisme telah memanfaatkan dunia maya untuk menyebarkan propaganda dan narasi-narasi kebencian tergadap bangsa dan negara, melakukan perekrutan anggota serta memberikan perintah teror melalui dunia maya, sehingga diperlukan langkah yang jitu guna menghadang sebaran paham radikal terorisme di dunia maya.


(Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko selaku Kasubdit Kontra Propaganda BNPT)

“kelompok radikal terorisme begitu masif menggunakan dunia maya sebagai media propaganda, oleh karena itu kita menghimpun anak-anak muda pegiat media sosial untuk melawan kelompok radikal terorisme menggunakan bahasa anak-anak muda, bahasa keseharian anak muda sehingga mudah dimengerti oleh kalangan anak muda,” kata Sujatmiko dihadapan para peserta Duta Damai.

Semenjak 2015 hingga sekarang BNPT telah membentuk Duta Damai dibeberapa kota seperti, Medan, Jakarta, Bandung, Padang, Jogjakarta, semarang, Malang, dan Sekarang Banjarmasin. tentunya menjadi harapan bersama bahwa anak-anak muda semakin peduli terhadap sekitarnya, terutama dengan berbagai Informasi yang bertebaran di dunia maya, melalui terbentuknya Duta Damai Banjarmasin, nantinya konten-konten negatif akan berubah menjadi konten positif dengan menggunakan bahasa keseharian anak muda sehingga sebaran pesan-pesan perdamaian akan tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

(sumber : Majalah Duta Damai Dunia Maya Edisi Perdana Hal 56-57)