Opinion

Kekuatan Pancasila Jadi Inspirasi Dunia di Tengah Konflik Global

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskertapañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan terutama ketika Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat. Pada tahun 1945.

namun tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila sekaligus menetapkannya sebagai hari libur nasional yang berlaku mulai tahun 2017.

Kemudian berbicara bagaimana kekuatan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia kini sudah menjadi Inspirasi bagi Dunia dimasa yang begitu kontemporer ini. Presiden pertama Indonesia, Soekarno pernah membuat geger Perserikatan Bangsa-Bangsa dan membuat terkesima bangsa-bangsa lain atas pidatonya di depan Sidang Umum PBB XV, 30 September 1960

Bersamaan dengan pidato Presiden Soekarno di depan Sidang Umum PBB ke-15 itu juga dikupas tentang Pancasila. Dalam kesempatan itu, dengan sangat fasihnya, Bung Karno mengupas satu demi satu Pancasila dan penafsiran serta pemaknaannya. Ia juga dengan bangga mengatakan bahwa Pancasila adalah sebuah ideologi alternatif.

Pidato Bung Karno telah memukau para pemimpin dunia, dan Pancasila yang dirangkai dari butir-butir manikam warisan bangsa Nusantara, telah merasuk ke dalam sanubari para pemimpin dunia.

Dibalik gejolak politik dan juga permasalahan yang ada sekarang, Indonesia melalui Ideologinya Pancasila terus berkembang dan menjadi poros gerakan dunia. Karena ketika berbicara konflik dan perpecahan maka sebuah tawar yang nyata hadir dari ideologi Indonesia sendiri dimana pemaknaan dari setiap sila itu sendiri.

Kemudian ini juga yang selalu ditawarkan oleh Para pemimpin bangsa Indonesia kepada para pemimpin dunia lainnya ketika mereka berkonflik terutama dalam krisis kemanusiaan dimana masyarakat Indonesia selalu mengedepankan yang namanya kemanusiaan yang adil dan beradap serta persatua dan kesatuan yang selalu dijunjung tinggi, maka sebuah konflik akan bisa selalu diminimalisir atau bahkan ditiadakan.

Oleh karenanya masih dalam rasa gegap gempita dan bangga kami akan kesaktian Pancasila ini, kami sebagai generasi penerus akan bangga selalu untuk terus menggelorakan semangat Pancasila ini, dalam semangat gotong royong sehingga tercapainya sebuah cita – cita bangsa menuju Indonesia yang sejahtera sebagai Insfirasi dunia ditengah konflik global yang melanda.

About the author

Frista

Add Comment

Click here to post a comment